Sunday, January 8, 2012

KEMANA KOPERASI SAAT INI ?

Keberadaan koperasi sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat. Utamanya masyarakat pedesaan. Namun di orde reformasi seperti sekarang ini tidak memberikan ruang yang laus bagi peran koperasi untuk berkiprah di masyarakat.
Saat ini menurut Agus, fungsi koperasi telah digeser oleh pihak swasta yang diberi keleluasaan oleh pemerintah. Karena itu peran koperasi kurang berdaya di masyarakat.
“Akibatnya, petani mengalami beberapa kendala dalam usaha pertaniannya. Contohnya gini, kalau musim tanam pupuk kan  jadi sulit dicari, tapi kalau tidak panen pupuk membanjir”, ujar Kasi Pertanian dan Perkebunan Dinas Koperasi Jawa Timur
Menurutnya, ini sangat berbeda dengan orde sebelum reformasi atau orde baru lalu. Dulu, menurut Agus, panggilan akrab Agus Pundji Waluyo mengatakan, koperasi begitu memiliki peran untuk menjadi penopang ekonomi kerakyatan. Karena koperasi memang di setting sebagai ujung tombak ekonomi rakyat.
Segala penyaluran kegiatan pertanian dilakukan melalui koperasi. Dan tidak pernah terjadi kelangkaan dan harga pupuk mahal, dll”, tuturnya.
Koperasi menurutnya, juga menjadi kepanjagan tangan bulog yang dapat menampung dan menyalurkan hasil panen rakyat. “Pokoknya dulu peran koperasi sangat berdaya dan fital”, ujarnya.
Padahal menurutnya jumlah BUMN dan swasta hanya 95% dari para usahawan di negeri ini. Sedangkan koperasi dan UKM jumlahnya lebih tinggi yakni 99,7%. Di Jaitm sendiri tidak kurang dari 24 ribu koperasi yang ada dan pasti dekat dengan masyarakat.
Akibatnya koperasi saat ini dijadikan sebagai anak tiri karena permasalahan yang dihadapi yaitu :
1.    Permasalahan Makroekonomi (Ekonomi Politik)
2.   Permasalahan Mikroekonomi.
a.   Masalah Input.
b.   Masalah Output, Distribusi dan Bisnis
·         Kualitas output.
·         Mapping Product
·         Distribusi, Pemasaran dan Promosi (Bisnis)
3.   Permasalah internal
a.   Kurangnya tenaga profesional
b.   Adanya pemikiran limiting believe
1.   Kejujuran dalam menegakkan koperasi
2.  Meningkatkan semangat pasar emosional dalam berkoperasi
Sumber :

·         http://mahasiswasyariah.wordpress.com/2010/03/29/permasalahan-yang-dihadapi-koperasi-saat-ini-dan-solusinya.html

No comments:

Post a Comment